Ranking FIFA: Prancis di Puncak, Jerman Merana

0
51

Ranking FIFA: Prancis di Puncak, Jerman Merana

FIFA telah merilis ranking negara anggota untuk edisi bulan Agustus 2018. Seperti yang sudah diduga, Prancis yang sukses menjadi juara Piala Dunia 2018 berada di puncak ranking FIFA untuk edisi bulan ini.

Sementara itu, langkah yang cukup apik diraih oleh tiga negara yang bermain bagus di Piala Dunia 2018. Inggris kini masuk ke jajaran sepuluh besar dengan berada di posisi ke-6.

Lonjakan tidak kalah brilian diraih oleh Kroasia. Finalis Piala Dunia 2018 kini berada di posisi ke-4, naik 16 peringkat jika dibanding bulan lalu. Sementara, lonjakan peringkat paling drastis terjadi pada Rusia. Dari peringkat ke-49, Rusia kini berada di posisi ke-21.

Sementara itu, nasib baik terus mendera timnas Italia. Juara Piala Dunia 2006 kini bahkan harus terlempar dari posisi 20 besar. Italia berada di posisi ke-21 lantaran tak bermain di Piala Dunia 2018.

Beda Nasib Prancis dan Jerman

Prancis yang menjadi juara Piala Dunia 2018, mendapatkan tambahan 150 poin. Paling banyak dibanding dengan negara lain. Jadi, tidak heran jika kemudian Paul Pogba dan kolega berada di puncak ranking FIFA edisi Agustus 2018.

Apa yang dialami Prancis, berbanding terbalik dengan Jerman. Gagal di fase grup membuat Jerman harus turun hingga 14 peringkat. Der Panzer kini berada di posisi ke-15. Semula, Jerman ada di puncak rangking FIFA.

Jerman bukan tim dengan penurunan paling drastis di edisi Agustus 2018. Adalah Mesir yang harus kehilangan 77 poin dan turun hingga 20 peringkat. Argentina juga turun enam peringkat dan kini berada di posisi ke-11.

Metode Perhitungan Baru

FIFA sejak 2006 silam, FIFA memakai metode perhitungan rata-rata poin sebuah tim dalam empat tahun dan dikumpulkan dengan hasil selama 12 bulan terakhir. Metode ini tak memberi efek yang cukup signifikan pergerakan ranking sebuah tim.

Namun, kini FIFA memakai teknik ELO yang lazim dipakai beberapa cabang olahraga lain. Dengan teknik ELO, setiap bisa saja nilainya akan berkurang atau bertambah bahkan sebelum bertanding. Jadi, rangking FIFA bakal lebih fluktuatif lagi ke depannya.

 

BAGIKAN